Pemanfaatan Energi Alternatif Untuk Pembangkit Listrik

Guru Onlineku - Sumber energi yang tidak dapat diperbarui lama kelamaan akan habis jika digunakan. Energi tersebut tidak kekal, artinya energi tersebut dapat habis dan untuk mendapatkannya diperluhkan waktu yang sangat lama. Guna mengantisipasi kelangkaan sumber energi yang tidak dapat diperbarui, perlu dikembangkan energi alternatif.

        Energi alternatif adalah energi yang digunakan untuk menggantikan bahan bakar fosil (minyak bumi dan gas). Sumber energi alterntif dicari dan diusahakan untuk menjaga sumber energi yang sudah ada agar tidak cepat habis. Sumber energi alternatif, antara lain air, angin, matahari, dan panas bumi.

1.      Air

        Salah satu sifat air adalah mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Air terjun atau air yang mengalir dari bendungan dapat digunakan sebagai sumber energi gerak. Energi gerak dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Sebelumnya air ditampung dalam bendungan. Aliran air memutar turbin yang dihubungkan dengan generator sehingga menghasilkan listrik. Stasiun pembangkit listrik tenaga air disebut PLTA.

2.      Angin

        Pada zaman dahulu, orang memanfaatkan energi angin untuk menggerakkan kapal layer. Sekarang, angin juga bisa digunakan untuk menjalankan mesin penggiling jagung dan pompa air. Selain itu, juga dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga listrik. Alat yang digunakan mengubah energi angin menjadi listrik adalah aerogenerator. Makin banyak aerogenerator, maka akan semakin banyak tenaga listrik yang dihasilkan. Stasiun pembangkit listrik tenaga angin / bayu disebut PLTB.

3.      Matahari

       Matahari merupakan sumber panas dan sumber cahaya terbesar bagi bumi. Energi matahari dapat dipakai secara langsung atau diubah terlebih dahulu menjadi energi listrik. Pada siang hari, matahari menerangi bumi. Oleh tumbuhan hijau, energi cahaya matahari dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk membuat makanannya. Manusia memanfaatkan cahaya matahari unuk menjemur pakaian, pengawetan ikan asin, atau pembuatan garam. Energi panas dari matahari juga dimanfaatkan untuk memanaskan air di rumah dengan menggunakan panel surya. Caranya, pada bagian atas panel surya dilapisi dengan kaca dan dibawahnya terdapat lapisan tembaga hitam. Lapisan tembaga menyerap panas dengan baik, sehingga memanaskan pipa di bawahnya yang berisi cairan. Cairan panas akan memanaskan air dalam tangka. Matahari juga dapat dimanfaatkan unuk diubah menjadi tenaga listrik menggunakan sel surya. Sel surya terbuat dari hambatan silikon tipis. Stasiun pembangkit listrik tenaga surya (matahari) disebut PLTS.

4.      Panas Bumi

       Bumi terdiri atas berbagai lapisan. Lapisan kulit bumi merupakan lapisan keras dengan ketebalan kira-kira 15 km. di bawah lapisan tersebut berupa cairan yang panas. Panas tersebut dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Biasanya panas bumi digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik, yaitu pembangkit listrik tenaga panas bumi. Caranya, panas bumi itu digunakan untuk memanaskan air yang sangat banyak sehingga menghasilkan uap. Uap dikumpulkan kemudian disalurkan untuk memutar turbin yang terhubung dengan generator. Generator menghasilkan listrik. Listrik tersebut kemudian disalurkan melalui kabel ke tempat orang-orang yang membutuhkan. Stasiun pembangkit listrik tenaga panas bumi disebut PLTPb.

5.      Gas Alam

        Gas alam adalah gas yang terkumpul di bawah tanah dengan berbagai macam komposisi campuran hidrokarbon yang mempunyai daya tekan tinggi. Gas alam yang setelah diolah kita kenal dengan nama elpiji. Selain untuk memasak, gas tersebut dapat pula digunakan untuk kendaraan bermotor, bahkan untuk menggerakkan mesin-mesin pabrik. Gas tersebut juga sudah banyak dimanfaatkan untuk pembangkit Listrik tenaga gas (PLTG).

6.      Energi Gelombang Laut

        Energi yang dimiliki gelombang laut tersebut dapat dikonversi menjadi listrik. Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan energi gelombang laut untuk memutar turbin memutar generator. Saat ini beeberapa negara telah mengembangkan potensi dari energi baru ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url