Teknik Yang Sering Digunakan untuk Membuat Patung Dengan Tanah Liat

Guru Onlineku - Patung adalah salah satu karya seni tiga dimensi. Hal ini karena patung memiliki ukuran Panjang, lebar dan tinggi (volume) serta dapat dinikmati dari segala arah.

Patung bisa dibuat dari banyak bahan. Salah satunya dengan tanah liat. Patung yang dibuat dengan tanah liat biasanya dibuat menggunakan dua Teknik, yaitu Teknik membentuk (modelling) dan mencetak (casting).

Teknik modelling atau membentuk adalah membentuk dengan menambah sedikit demi sedikit. Sehingga menjadi bentuk seperti yang dikehendaki. Jadi, bentuk yang dikehendaki diperoleh dengan cara menambah bahan baru pada bentuk yang sedang dalam proses menuju tahap penyelesaian. Teknik ini dibuat dengan memanfaatkan bahan pastis (bersifat mudah dibentuk), seperti tanah liat dan plastisin.


Gambar Patung Tanah Liat dengan Teknik Modeling

Teknik mencetak atau casting, yaitu mencetak adonan yang bersifat cair dengan menggunakan cetakan untuk menghasilkan bentuk yang diinginkan. Casting atau cor merupakan Teknik cor atau tuang, bahan yang digunakan adalah bahan yang bisa dicairkan seperti semen, gypsum, logam, fiber glass, tanah liat, dan lain sebagainya. Pembuatan patung ini sebelumnya harus menyiapkan cetakan terlebih dahulu seperti dari bahan gips atau sejenisnya. Sehingga menjadi sebuah cetakan yang terdiri dari beberapa bagian dan Ketika dingin mencetak tinggal menyatukan beberapa bagian tadi sesuai bentuk cetakannya.


Gambar Teknik Cor pada pembuata  Gypsum

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url