Kandungan Isi Surat Al Ashr

Guru Onlineku - Surah al-’Aṣhr terdiri dari 3 ayat, dan merupakan urutan surah ke–103 dalam al-Qur‟an, diturunkan sesudah surah al-Insyirah. Disebut surah Makkiyah karena turun di Mekah sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah, al-’Aṣhr artinya “Demi masa”, yaitu menerangkan tentang memanfaatkan waktu dan mengisinya dengan perbuatan yang bermanfaat, nama al-’Aṣhr diambil dari lafadz al-’Aṣhr yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Surat al-’Aṣhr terletak setelah surah at-Takaatsur dan sebelum surah al-Humazah.

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

وَالْعَصْرِ ﴿١﴾ إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ﴿﴾٣

Artinya:

1.      Demi masa,

2.      Sungguh, manusia berada dalam kerugian,

3.  Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.


Kandungan Surat Al ‘Ashr

1.    Ayat 1, menjelaskan bahwa al-„Aṣhr artinya zaman atau masa yang padanya Bani Adam (keturunan nabi Adam as) bergerak melakukan perbuatan baik dan buruk.

2.    Ayat 2, menjelaskan bahwa Allah Swt. bersumpah dengan menyebutkan bahwa manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, yakni rugi dan binasa.

3.     Ayat 3, menjelaskan bahwa yang terhindar dari kerugian di kecualikan bagi manusia yang beriman hatinya dan mengerjakan amal-amal yang saleh, menunaikan dan meninggalkan semua yang di haramkan, tabah menghadapi musibah dan malapetaka serta gangguan yang menyakitkan dari orang-orang yang ia perintah melakukan kebajikan dan ia larang melakukan kemungkaran.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url