Contoh Sikap Toleransi Antar Umat Beragama

Guru Onlineku - Keberagaman membuat kita menjadi sebuah bangsa yang kaya dan besar, juga arif dalam bertindak. Banyaknya keberagaman yang ada di Indonesia justru bisa menjadi kekuatan besar terutama jika dilandasi dengan nilai-nilai persatuan dan kesatuan NKRI.

Salah satu perilaku yang tepat dalam menghadapi perbedaan ini adalah dengan sikap toleran terhadap keberagaman itu. Toleransi dapat diartikan sebagai sikaap menahan diri, berhati lapang, dan selalu memberi orang lain kesempatan untuk berpendapat. Sejatinya, sikap hormat adalah dasar dari perilaku toleransi.

Terdapat enam agama yang diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk menganut salah satu agama tersebut, sesuai dengan kepercayaan dan keyakinan masing-masing.

Adanya perbedaan keyakinan dalam kehidupan masyarakat tentu bukanlah suatu penghalang dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa. Apalagi tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk memaksa orang lain dalam memilih keyakinan atau agama yang sama. Setiap manusia memiliki hak untuk memilih dan mengamalkan agamanya. Jadi, beberapa perilaku yang diwujudkan dalam keberagaman agama, antara lain sebagau berikut.

1.       Mengamalkan ajaran agama masing-masing dengan sebaik-baiknya.

2.       Menghormati serta mengahargai agama yang dianut oleh orang lain.

3.       Tidak memaksa orang lain untuk berpindah keyakinan.

4.       Mewujudkan sikap toleransi dan tidak mengganggu ibdah orang – orang yang berbeda agama.

5.       Tidak mencela serta merendahkan agama orang lain.

Sikap di atas sangat perlu untuk dilaksanakan, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url