Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia

Guru Onlineku - Proklamasi kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah di mana bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaan dan wajib mempertahankannya. Diawali dengan dijatuhkannya bom atom oleh tentara Amerika Serikat pada tanggal 6 Agustus 1945 di kota Hiroshima dan pada tanggal 9 Agustus 1945 di kota Nagasaki, Jepang akhirnya menyerah kepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikan kesempatan oleh bangsa Indonesia untuk segera membebaskan diri dari penjajahan Jepang.

Teks proklamasi ditulis di rumah Laksamana Maeda, yaitu Jl. Imam Bonjol No. 1. Para penyusun teks Proklamasi adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Konsep teks proklamasi di tulis oleh Ir. Soekarno. Saat itu hadir pula B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang mendatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Haatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56 telah hadir antara lain, Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani, dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan.

Berikut ini adalah naskah teks proklamasi yang diketik.

 

Teks Proklamasi yang diketik Sayuti Melik

Jika ditulis dalam ejaan bangsa Indonesia sekarang, teks tersebut berbunyi sebagai berikut.


PROKLAMASI

Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia

Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Jakarta, 17 Agustus 1945

Atas Nama Bangsa Indonesia

Soekarno/hatta

 

Proklamasi Kemerdekaan memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Berikut ini adalah makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

1.       Sebagai Puncak Perjuangan Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia telah dijajah selama bertahun-tahun oleh negara-negara Eropa sampai Jepang.  Penduduk dengan latar belakang yang berbeda Bersatu untuk melawan penjajah. Proklamasi Kemerdekaan merupakan hasil dari perjuangan para pahlawan.

2.       Pengakuan Kepada Dunia

Dengan membacakan teks proklamasi, Indonesia mengumumkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Pengakuan ini (de facto) diikuti oleh pengakuan bangsa lain (de jure).

3.       Menaikkan Martabat Bangsa

Pembacaan teks proklamasi memberikan pesan kepada negara lain bahwa Indonesia adalah negara yang bebas dari penjajahan, negara yang memiliki martabat, dan negara yang mandiri.

4.       Perjuangan Sebagai Negara Baru.

Indonesia adalah negara yang dibangun oleh rakyat dan untuk rakyat. Negara Indonesia adalah negara yang mandiri yang tidak tergantung kepada negara lain.

5.       Tonggak Sejarah Negara Indonesia

Pembacaan teks proklamasi merupakan awal dari masa kemerdekaan Indonesia yang terbebas dari belenggu penjajah.

Dengan proklamasi bangsa Indonesia dapat menentukan kehidupan sendiri sesuai harkat dan martabat, serta sendi-sendi kehidupan bangsa Indonesia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url