Menentukan Ide Pokok Paragraf dalam Bacaan

Guru Onlineku -  Setiap Teks bacaan terdiri atas beberapa paragraf. Masing-masing paragraf tersusun dari ide atau gagasan pokok ditambah dengan kalimat-kalimat pengembang.

        Ide pokok adalah gagasan yang menjadi dasar sebuah paragraf. Ide pokok disajikan ke dalam bentuk kalimat utama. Kalimat utama yang memuat ide pokok ini bisa berada di awal paragraf, di tengah paragraf, atau di akhir paragraf.

Contoh 1.

        Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Dari bacaan diatas dapat kita tentukan.

Kalimat Utama  berada di depan : Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.

Ide Pokok berada di kalimat utama : Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak.

Kalimat Pengembang : Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Contoh 2.

        Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Dari bacaan diatas dapat kita tentukan.

Kalimat Utama  berada di depan : Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.

Ide Pokok berada di kalimat utama : Gerak pada manusia dan hewan menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak.

Kalimat Pengembang : Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, meloncat, memegang, menggali, memanjat, berenang, dan sebagainya.

Contoh 3.

        Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan. Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

Dari bacaan diatas dapat kita tentukan.

Kalimat Utama  berada di depan : Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan.

Ide Pokok berada di kalimat utama : Organ gerak pada hewan dan manusia memiliki kesamaan yakni tulang dan otot.

Kalimat Pengembang : Alat-alat gerak yang digunakan pada manusia dan hewan ada dua macam, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Kedua alat gerak ini akan bekerja sama dalam melakukan pergerakan. Kerja sama antara kedua alat gerak tersebut membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url