Memahami Isi Kandungan Surat At tin

Guru Onlineku - Surah at-Tin yang terdiri 8 ayat, termasuk surah Makkiyah yang turunnya di Makkah. Nama, surah at-Tin diambil dari ayat pertama surah yang berarti buah Tin. Surah ke-95 dalam al-Qur’an ini diturunkan setelah surah al-Buruj.


A.    BACAAN SURAH AT-TIN

Sebagai bagian dari makhluk hidup, Allah Swt menciptakan manusia dengan sebaik-baik penciptaan. Manusia adalah makhluk paling sempurna di antara makhluk lainnya yang juga dipenuhi segala kebutuhan mereka dengan adanya alam semesta. Namun, kesempurnaan itu tidaklah aka nada artinya jika dalam menjalani kehidupannya, manusia tidak berbuat kebajikan dan tidak mensyukuri atas apa yang dianugerahkan Tuhan. Hal ini sebagaimana diungkapkan Allah Swt.. dalam firmannya Surah at-Tinayat 1-8 sebagai berikut:

 

بِّسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ ﴿١﴾ وَطُورِ سِينِينَ ﴿٢﴾ وَهَـٰذَا الْبَلَدِ الْأَمِينِ ﴿٣﴾ لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ ﴿٤﴾ ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ ﴿٥﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ ﴿٦﴾ فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ ﴿٧﴾ أَلَيْسَ اللَّـهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ ﴿﴾٨

Artinya:

Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun, demi gunung Sinai, dan demi negeri (Mekah) yang aman ini. Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya. Maka apa yang menyebabkan (mereka) mendustakanmu (tentang) hari pembalasan setelah (adanya keterangan-keterangan) itu? Bukankah Allah hakim yang paling adil?”.

B.    KANDUNGAN SURAH AT-TI N

Dalam surah at-Tinyang terdiri 8 ayat ini, Allah Swt.. menjelaskan tentang:

  1. Kemuliaan manusia yang diciptakan dengan sebaik-baiknya ciptaan di antara makhluk lainnya.
  2. Namun, semua makhluk pasti akan dikembalikan menjadi makhluk paling buruk (saat kematiannya), kecuali manusia yang beriman dan berbuat baik.
  3. Janji Allah tentang pahala yang tak terputus bagi manusia yang beriman dan berbuat kebajikan. Sebaliknya, manusia yang berperangai buruk dan enggan berbuat kebajikan maka baginya balasan yang setara dengan apa yang telah mereka perbuat dikembalikan dalam keadaan serendah-rendahnya.
  4. Melalui Surah at-TinAllah Swt.. memberi peringatan tentang keadilan Tuhan di hari pembalasan, hari yang sebagian dari manusia yang tidak beriman mendustakannya. Padahal, pada hari itu pula Allah sang Maha Adil memberi penghakiman.

 

 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url