Mengidentifikasi Dasar-dasar Gerak Tari Lenso

Guru Onlineku - Tari Lenso berasal dari kata “lenso” yang berarti sapu tangan. Tari lenso merupakan salah satu tarian tradisional dari daerah Maluku. Tarian ini dibawakan oleh para penari Wanita dengan menggunakan sapu tangan atau selendang sebagai ciri khas menarinya. Tari lenso biasanya hanya dibawakan oleh para penari wanita saja. Jumlah penari Lenso ini biasanya terdiri atas 6-9 orang penari. Gerakan dalam tari Lenso biasanya didominasi oleh Gerakan tangan yang melambai ke depan dan Gerakan kaki melangkah. Tari Lenso ini terdapat tiga gerakan utama, yaitu gerak maju, gerak jumput, dan gerak mundur. Semua Gerakan tersebut tentunya disesuaikan dengan irama music pengiringnya.


Gambar Penari Tari Lenso

1.       Gerakan Maju

Kaki dan tangan kanan bersamaan maju, diikuti oleh kaki dan tangan kiri dengan hitungan 4 dalam birama 4/4. Posisi badan sedikit merendah, posisi lutut ditekuk, bahu digoyang perlahan mengikuti irama. Sedangkan, tangan yang di depan sejajar pinggang. Telapak tangan ke atas serta lenso menjuntai ke bawah. Posisi kepala miring ke arah dalam dengan dagu sedikit bersandar pada bahu yang tangannya berada di depan.

2.       Gerak Jumput

Lutut ditekuk rendah sehingga posisi badan setengah duduk. Tangan kanan dan kiri maju ke depan bergantian. Tangan yang berada di depan diangkat setinggi dada. Sedangkan tangan yang di bawah sikunya sedikit di tekuk. Telapat tangan diputar dari dalam ke luar. Gerakan putar dilakukan semaksimal mungkin, sehingga lenso turut berputar juga. Posisi bahu berputar ke arah kiri dan kanan secara bergantian dan membuat sudut putaran kira-kira 90 deraajat. Semua lgerak dilakukan dalam hitungan 4.

3.       Gerakan Mundur

Gerakan mundur berkebalikan dengan gerak maju. Gerakan ini berfungsi dalam pembentuk pola lantai.

Tari Lenso biasanya diiringi oleh alunan music tradisional Maluku, yaitu totobuang dan tifa. Tifa menyerupai kendang, terbuat dari kayu. Totobuang mirip sekali dengan perangkat bonang pada gamelan jawa. Irama yang dimainkan biasanya menggunakan irama bertempo sedang dan menggambarkan keceriaan.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url