Nilai-Nilai Luhur yang Terkandung di Setiap Sila Pancasila

Guru Onlineku - Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia, maka dari itu perilaku dan sikap masyarakatnya haruslah mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila. Meskipun demikian, sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari perilaku orang-orang sekitar kita yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

Pancasila adalah pilar ideologis negara Indonesia. Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Nilai-nilai luhur tersebut yang bisa di jadikan pedoman dalam melaksanakan hidup berbangsa dan bernegara.

Nilai-nilai luhur setiap sila dalam Pancasila.

1.     Sila Ketuhanan Yang Maha Esa : Bebas mememeluk agama dan menjalankan ibadah, rajin beribadah, tidak memaksakan agama kepada orang lain, menghormati orang lain yang sedang beribadah dan merayakan hari besar agamanya.

2.     Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab : Berteman tanpa membeda-bedakan latar belakangnya, tidak berpihak sebelah dalam menyelesaikan masalah, menjenguk orang yang sakit, membantu orang lain yang kesusahan.

3.     Sila Persatuan Indonesia : Gotong royong, kerja kelompok, mempelajari kebudayaan dari daerah lain, mencintai kebudayaan asli daerahnya sendiri, mencintai produk-produk buatan dalam negeri.

4.     Sila Kerakyatan yang di Pimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan : Pemilu, musyawarah untuk mufakat, pemilihan kepala desa, menghargai pendapat orang lain, tidak memaksakan kehendak dan pendapat kepada orang lain, melaksanakan keputusan bersama secara ikhlas dan bertanggung jawab.

5.     Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia : Memiliki kedudukan yang sama di muka hukum, melaksanakan pembangunan dan menikmati hasil-hasil pembangunan nasional secara bertanggung jawab

Perilaku yang tidak mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

1.     Di Sekolah

a.      Memilih teman hanya yang kaya saja

b.      Tidak mau meminjamkan peralatan sekolah kepada teman.

c.       Menyontek

d.      Berkelahi

e.      Tidak mau mengikuti upacara bendera

f.        Mengejek teman

2.      Di Rumah

a.      Tidak melaksanakan ibadah sesuai dengan agamanya

b.      Tidak mau berbagi makanan dengan anggota keluarga yang lain

c.       Bermalas-malasan

d.      Membantah orang tua

e.      Memaksakan kehendak kepada anggota keluarga

f.        Berbohong

3.      Di Masyarakat

a.      Tidak mau menjenguk tetangganya yang sakit

b.      Melarang orang lain melakukan peribadahan sesuai dengan agamanya

c.       Minum-minuman keras dan berjudi

d.      Tidak mau mengikuti kegiatan kerja bakti, ronda, dan rapat lingkungan

e.      Suka pamer kekayaan

f.        Mencuri

g.       Menganiaya teman

h.      Melakukan kekerasan

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url