Sifat Perambatan Bunyi

Guru Onlineku - Bunyi mempunyai sifat merambat kesegala arah. Getaran bunyi merambat dalam bentuk gelombang. Oleh karena itu, bunyi yang merambat disebut gelombang bunyi. Gelombang bunyi dapat merambat melaui zat padat, cair dan gas. Perambatan paling cepat melalui udara.

Gambar Perambatan Bunyi Pada benda Padat

Contoh perambatan bunyi adalah lonceng. Ketika lonceng sekolah berbunyi, tentu seluruh siswa yang ada disekitar sekolah akan mendengarkannya. Bunyi lonceng merambat melalui udara. Udara merupakan benda gas. Pada saat lonceng bergetar, getarannya mendorong molekul udara lainnya sehingga gelombang bunyi dapat berpindah tempat. Ketika gelombang bunyi mencapai telinga kita, terdengarlah bunyi. Selain melalui udara, bunyi juga dapat merambat melalui zat cair dan padat.

Gambar Perambatan Bunyi pada Zat Cair

Bunyi tidak dapat terdengar dalam ruang hampa udara, misalnya di angkasa luar. Seorang astronot tidak dapat mendengar suara astronot lain tanpa menggunakan alat bantu. Mereka dapat bercakap-cakap dengan bantuan radio. Jadi, bunyi dapat merambat jika ada zat perantara yang dilaluinya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url