Tumbuhan Langka yang Hampir Punah di Indonesia

Guru Onlineku - Tumbuhan langka adalah tumbuhan yang sudah jarang ditemui. Keberadaan tumbuhan tersebut sangat sedikit. Bila tidak ada upaya perlindungan dan pelestarian, maka hewan tersebut dapat mengalami kepunahan.

Ada beberapa penyebab tumbuhan langka. Penyebabnya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu alami dan yang disebabkan oleh perbuatan manusia. Penyebab kelangkaan yang bersifat alami, antara lain bencana alam, seperti gunung Meletus, banjir, gempa bumi, dan kemarau Panjang. Akibatnya, terjadi perubahan keadaan tempat hidup hewan. Bahkan melenyapkan sumber makanan mereka. Penyebab kelangkaan akibat perbuatan manusia, antara lain pembukaan lahan untuk dibuat jalan, tempat tinggal, atau perkebunan.

1.    Bunga Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi diketahui dunia pada abad ke-19. Bunga ini merupakan bunga raksasa. Rafllesia Arnoldi terdapat di Sumatra dan Sarawak. Bunga ini biasanya tumbuh di hutan, bukit terjal dan lembap, serta jurang di bawah 1.300 meter. Bunga Rafflesia Arnoldi sangat mudah rusak. Bunga ini sering diburu para pencari kuncup dan bahan obat. Bunga Rafflesia sangat sulit dibudidayakan sehingga perlu dijaga dan dilestarikan. Bunga Rafflesia dilindungi hukum yang dikeluarkan untuk Bunga Nasional yang Langka (Puspa Langka) di Indonesia.


Gambar Rafflesia Arnoldi

2.    Bunga Bangkai Raksasa

Bunga bangkai (Amorphophalus titanium) juga merupakan bunga raksasa. Tinggi bung aini bisa mencapai 3,3 m. Bunga bangkai raksasa ditemukan pada tahun 1878. Bunga ini tumbuh di hutan Sumatra. Bunga bangkai raksasa juga tumbuh di Kebun Raya Bogor. Umbi bunga dikirim langsung dari Sumatra. Tumbuhan ini jarang hidup lama karena umbi cenderung membusuk. Oleh karena itu, tumbuhan ini perlu dilindungi agar tetap ada dan lestari.

Gambar Bunga Bangkai

3.    Gaharu

Gaharu banyak digunakan sebagai bahan wewanginan yang mahal. Gaharu tumbuh di hutaan Sumatra, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Maluku. Gaharu juga dibakar sebagai dupa. Gaharu masih banyak dibutuhkan di Indonesia. Permintaan gaharu yang tinggi ini menyebabkannya terancam punah di Pulau Siberut. Di tempat lain, pohon gaharu sudah jarang ditemui.


Gambar Pohon Gaharu

4.    Durian Merah

Durian merah adalah sejenis durian yang daging buahnya kuning kemerahan. Tumbuhan ini tumbuh di hutan Kalimantan Timur. Manusia bukan satu-satunya makhluk hidup yang menyukai buah durian merah. Kera, babi  liar, dan bahkan harimau mencari buah durian merah pada musimnya. Bila tidak dilindungi dan dilestarikan, durian merah dapat menjadi punah.


Gambar Durian Merah

5.    Cendana

Cendana merupakan tumbuhan asli Indonesia. Kayu cendana sangat berharga karena batang dan minyaknya yang wangi. Tumbuhan ini banyak diburu manusia untuk digunakan sebagai bahan wewanginan. Saat ini, jarang ditemukan tumbuhan cendana tumbuh liar. Tumbuhan cendana sudah sejak lama masuk ke dalam daftar tumbuhan langka.

Gambar Pohon Cendana

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url