Cara Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

Guru Onlineku - Tuhan Menganugerahkan kita beragam tanaman dan hewan agar kita bisa memanfaatkannya. Namun, pemanfaatan tumbuhan dan hewan tidak diiringi sikap yang bijak sehingga banyak terjadi ketidakseimbangan. Sebagai warga negara yang baik, kita perlu Bersatu melestarikan hewan dan tumbuhan agar manusia dapat hidup sejahtera.


Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan hewan dan tumbuhan.

1.      Menebang hutan secara terencana. Pohon yang ditebang adalah pohon yang cukup umur, umumnya yang sudah tua. Selain itu, penebangan pohon harus diikuti penanaman Kembali (reboisasi).

2.      Melindungi dan mengembangkan hewan dan tumbuhan. Hewan umumnya dilindungi di suaka margasatwa, dan kebun binatang. Adapun tumbuhan biasanya dilindungi di hutan wisata, kebun raya, dan hutan lindung. Selain itu, hewan dan tumbuhan dapat dilindungi di cagar alam dan taman nasional.

3.      Membantu perkembangbiakan hewan dan tumbuhan. Perkembangbiakan tumbuhan dilakukan melalui pembudidayaan, misalnya budi daya pohon aren. Adapun perkembangbiakan hewan dilakukana melalui penangkaran, misalnya penangkaran penyu.

Pelestarian hewan dan tumbuhan juga akan memberikan manfaat untu masyarakat karena keanekaragaman makhluk hidup dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan. Berikut ini beberapa pemanfaatan yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

1.      Mengambil tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan

2.      Menciptakan lingkungan yang nyaman dengan menanam berbagai jenis pohon

3.      Memanfaatkan hewan dan tumbuhan untuk membuat taman rekreasi

4.      Menanam penghasilan dengan cara berjualan di sekitar tempat rekreasi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url