Pentingnya Menjaga Persatuan dalam Keberagaman

Guru Onlineku - Bangsa Indonesia mempunyai beberapa bentuk keragaman. Dalam keadaan serba beragam itu, kita harus menjaga persatuan. Kita dapat melihat bentuk persatuan dalam lomba panjat pinang. Lomba tersebut biasanya diadakan pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Kita bisa belajar arti persatuan dari lomba panjat pinang. Apa hikmah yang dapat kita petik? Berikut ini uraiannya.

        Peserta lomba akan mendapatkan hadiah jika bisa mencapai puncak. Namun, untuk mencapainya itu tidak mudah. Batang pinang sangat licin karena dilumuri minyak oli. Peserta harus berjuang untuk mendapatkan hadiah. Ini berarti untuk mencapai tujuan diperluhkan perjuangan.

        Peserta lomba dibagi dalam beberapa kelompok. Anggota kelompok belum tentu dari golongan yang sama. Mungkin suku, agama, pekerjaan, dan RT mereka berbeda-beda. Tapi tujuan mereka sama mencapai puncak dan mendapatkan hadiah. Bangsa Indonesia juga demikian. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa.

        Namun, bangsa Indonesia mempunyai tujuan yang sama. Tujuannya adalah menciptakan masyarakat yang adil dan Makmur. Kelompok mana yang bisa memenangkan lomba panjat pinang? Biasanya adalah kelompok yang Bersatu dan bekerja sama. Mereka Bersatu untuk mencapai puncak dan mendapatkan hadiah. Mereka bekerja sama dan mengatur peran. Dengan cara tersebut kelompok bisa mencapai puncak.

        Dari sana kita bisa mengerti arti penting persatuan. Dengan persatuan kitab isa kuat. Dengan persatuan dan kerja sama kitab isa mencapai tujuan. Ini sesuai dengan peribahasa “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.” Bangsa Indonesia juga bisa kuat dan jay ajika Bersatu. Namun jika tidak Bersatu, kita akan lemah.

        “Bhineka Tunggal Ika”. Ingat Semboyan itu? Kita bisa menemukan semboyan itu di kaki burung Garuda Pancasila. Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan negara kita. Apa arti semboyan Bhineka Tunggal Ika? Bhineka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Mengapa semboyan itu dipilih oleh para pendiri negara kita? Semboyan itu sesuai dengan keadaan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, agama dan budaya. Akan tetapi, bangsa Indonesia merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url