Bagian-bagian dan Cara Kerja Telinga

Guru Onlineku - Manusia dapat mendengar karena memiliki indra pendengaran. Indra pendengaran pada manusia berupa telinga. Telinga terletak di samping kepala bagian kanan dan kiri. Selain sebagai alat pendengaran, telinga juga sebagai alat keseimbangan tubuh.

1.       Bagian – bagian Telinga

Telinga terbagi menjadi tiga bagian, yaitu telinga bagian luar, tengah, dan dalam

a.       Telinga bagian luar

Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, lubang telinga, dan saluran telinga luar. Daun telinga berfungsi untuk menangkap bunyi dari lingkungan. Bunyi ini akan masuk melalui lubang telinga.

b.       Telinga bagian tengah

Telinga bagian tengah terdiri atas gendang telinga, tulang-tulang pendengaran (tulang martil, landasan, sangguardi), dan saluran eustachius. Setiap bagian telinga tersebut memiliki fungsinya masing-masing.

·       Gendang telinga berfungsi untuk menerima getaran bunyi yang ditangkap daun telinga.

·       Tulang-tulang pendengaran berfungsi untuk mengantarkan getaran dari gendang teinga ke telinga bagian dalam

·       Saluran eustachius menghubungkan telinga bagian tengah dengan hidung dan tenggorokan. Saluran ini menjaga tekanan udara di dalam rongga telinga dan tekanan udara di luar agar selalu sama.


Gambar bagian-bagian Telinga

c.       Telinga bagian dalam

Telinga bagian dalam terdiri atas tiga saluran setengah lingkaran, rumah siput, dan saraf-saraf pendengaran. Telinga bagian dalam memiliki fungsi sebagai berikut.

·       Tiga saluran setengah lingkaran berfungsi sebagai alat keseimbangan tubuh

·       Di dalam rumah siput terdapat cairan dan rambut-rambut halus. Rambut-rambut halus akan menyampaikan getaran ke ujung-ujung saraf pendengaran

·       Saraf-saraf pendengaran berfungsi menyampaikan bunyi ke pusat saraf (otak).

2.       Cara Kerja Telinga

Gelombang bunyi dari luar diterima oleh daun telinga. Bunyi yang ditangkap oleh daun telinga masuk ke lubang telinga untuk diteruskan ke gendang telinga. Gelombang bunyi menggetarkab gendang telinga. Getarn gendang telinga membuaat tulang-tulang pendengaran juga ikut bergetar. Kemudian rumah siput pun ikut bergetar. Rambut-rambut halus di dalam rumah siput meneruskan getaran itu ke ujung-ujung saraf pendengaran. Lalu saraf pendengaran menyampaikan rangsang bunyi tersebut ke otak.

Gelombang Bunyi è Daun Telinga è Lubang dan Saluran Telinga è Gendang Telinga è Tulang Pendengaran è Rumah Siput è Saraf Pendengaran è Otak è Bunyi Terdengar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url