Formasi Gerakan Tari Jaipong

Guru Onlineku - Tari jaipong adalah tarian tradisional yang berasal dari Bandung, Jawa barat. Tari jaipong sebagai sarana komunikasi antarmasyarakat dan sarana hiburan. Selain itu, tarian ini juga untuk menyambut tamu dan acara-acara kebudayaan. Tari Jaipong terdiri atas gabungan beberapa Gerakan. Tari Jaipong dilakukan dengan Gerakan yang lincah. Pola lantai pada tarian Jaipong adalah gabungan antar pola zig zag dan pola lantai lurus.

Gambar Penari Tari Jaipong

              Tari Jaipong tersusun dalam beberapa Gerakan, yaitu bukaan, pencungan, ngala, dan mincit.

1.       Bukaan

Bukaan merupakan bagian dari Gerakan tari Jaipong yang merupakan pembukaan tari ini. Penari akan berjalan memutar sambal memainkan selendang yang dikalungkan di leher masing-masing penari.

2.       Pencungan

Pencungan merupakan salah satu Gerakan pada tarji Jaipong yang mana tempo pada gerakan ini cukup cepat. Para penari dengan diiringi musik dan lagu yang juga cepat melakukan Gerakan tari dengan penuh semangat.

3.       Ngala

Ngala merupakan Gerakan yang mirip seperti Gerakan patah-patah. Perpindahan dari gerakan satu dengan gerakan yang lain dilakukan dengan tempo gerakan yang cukup cepat. Adanya gerakan ngala ini, menambah khas keunikan pada tari tersebut.

4.       Mincit

Gerakan yang dibawakan oleh para penari tari Jaipong adalah gerakat mincit. Gerakan ini adalah pindahan dari peralihan sesudah ngala.

              Kostum yang digunakan oleh penari Jaipong terdiri atas sinjang (pakaian awal yang digunakan para penari sebelum pakaian lain), sampur (kain selendang sebagai kain property utama dalam tari), dan apok (baju atasan yang digunakan oleh para penari). Musik pengiring tari Jaipong diambil dari beberapa alat musik seperti degung, gendang, gong, dan alat musik ketuk lainnya, sehingga membuat musik pengiring tarian ini cukup unik. Karena keunikannya sampai sekarang tarian ini masih diminati masyarakat.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url