Gangguan - Gangguan pada Telinga dan Cara Merawat Kesehatan Telinga

Guru Onlineku - Pada materi sebelumnya telah dijelaskan bagian-bagiantelinga dan proses mendengarkan bunyi. Sekarang kita akan mempelajari tentang kepekaan telinga sebagai indra pendengaran serta gangguan pada telinga dan cara merawat kesehatan telinga. Orang yang telah lanjut usia biasanya kemampuan pendengarannya akan berkurang. Bagi orang yang mengalami masalah pada Kesehatan telinga juga berpengaruh pada jelas atau tidaaknya mendengar.



1.       Kepekaan Telinga

Bunyi yang dapat didengar telinga manusia mempunyai frekuensi 20 – 20.000 Hz. Kemampuan mendengar setiap orang berbeda-beda karena dipengaruhi oleh factor usia dan Kesehatan.

 

2.       Gangguan – Gangguan pada Telinga

Sebagai organ tubuh yang lemah, telinga bisa mengalami gangguan maupun terserang penyakit. Beberapa contoh gangguan itu adalah sebagai berikut.

a.       Tuli

Tuli adalah ketidakmampuan telinga untuk mendengarkan bunyi atau suara. Tuli dapat disebabkan oleh adanya kerusakan pada gendang telinga, tersumbatnya ruang telinga, atau rusaknya saraf pendengaran. Pada orang yang telah berusia lanjut, ketulian biasanya disebabkan oleh kakunya gendang telinga dan kurang baiknya hubungan antar tulang pendengaran.

b.       Congek

Congek adalah penyakit telinga yang biasanya disebabkan oleh infeksi pada bagian telinga yang tersembunyi ditengah-tengah. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri.

 

3.       Cara Merawat Telinga

Telinga harus dijaga dan dirawat dengan baik, agar tetap sehat. Berikut ini adalah cara merawat telinga.

a.       Biasakan agar telinga dalam keadaan kering

b.       Hidarkan telinga dari benturan benda keras

c.       Hidarkan suara yang bising

d.       Bersihkan telinga dengan benda yang halus dan bebas kuman

e.       Jika telinga teras sakit, cepatlah pergi ke dokter untuk periksa.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url