Memahami Isi Kandungan Surat Quraisy

Guru Onlineku - Surah Quraisy terdiri dari 4 ayat, dan merupakan urutan surah ke– 106 dalam al-Qur'an, diturunkan sesudah surah al-Insyirah. Surah Quraisy termasuk surah Makkiyah karena turun di kota Mekah sebelum Nabi Muhammad Saw hijrah ke Madinah. Quraisy artinya bani Quraisy, yaitu menerangkan tentang kehidupan orang Quraisy serta kewajiban yang seharusnya mereka penuhi.


بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ
لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ ﴿١﴾ إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ ﴿٢﴾ فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَـٰذَا الْبَيْتِ ﴿٣﴾ الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ ﴿﴾٤

Artinya

1.    Karena kebiasaan orang-orang Quraisy,

2.    (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas .

3.    Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah).

4.    Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.

Kandungan surah Quraisy :

Ayat 1, menjelaskan tentang kebiasaan suku Quraisy yang mempunyai mata pencaharian pokok berdagang.

Ayat 2, menjelaskan tentang perjalanan dagang orang-orang Quraisy pada musim dingin pergi ke negeri Yaman dan pada musim panas ke negeri Syam dalam setiap tahunnya. Mereka bepergian dengan tujuan untuk berniaga yang keuntungannya digunakan untuk keperluan hidup di Mekah dan untuk berkhidmat kepada Baitullah yang merupakan kebanggaan mereka.

Ayat 3, Allah mengingatkan suku Quraisy khususnya dan umat Islam umumnya agar selalu bersyukur atas rezeki yang diberikan Allah Swt. Mereka diperintahkan untuk beribadah kepada Tuhan (pemilik) Ka‟bah. Terhadap rezeki yang diterima, mereka harus mensyukurinya dengan cara memanfaatkannya sesuai dengan perintah Allah Swt.

Ayat 4, Allah Swt. menunjukkan akan kenikmatan yang telah diberikan kepada mereka yaitu berupa makanan dan rasa aman. Tuhan pemilik Ka‟bah itu telah memberikan kepada mereka makan untuk menghilangkan lapar. Mereka juga diberi keistimewaan dengan rasa aman dan tenteram.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url