Perkembangbiakan Secara Vegetatif Pada Tumbuhan

Guru Onlineku - Selain generatif tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif (kawin). Perkembangbiakan secara vegetatif (tak kawin) dapat terjadi secara alami maupun buatan. Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan tanpa melalui proses perkawinan sehingga tumbuhan baru yang sejenis berasal dari induknya.

1.       Vegetatif Alami

Perkembangbiakan tanpa bantuan manusia dan tumbuh dengan sendirinya yang berasal dari tumbuhan induknya. Ada bermacam-macam perkembangbiakan vegetatif alami yaitu sebagai berikut.

a.       Umbi

Umbi merupakan bagian tanaman yang menggembung dan tertanam di dalam tanah. Umbi adalah cadangan makanan bagi tumbuhan dan sebagai alat perkembangbiakan. Jenis umbi ada tiga, yakni umbi lapis, umbi batang, dan umbi akar.

Umbi lapis memiliki bentu berlapis-lapis, mengembung, berarti, memiliki sisik daun dan di bagian bawahnya tumbuh akar. Contoh umbi lapis adalah bawang merah, bawang putih, dan bawang Bombay.

umbi Lapis

Umbi batang memiliki bentuk yang besar dan berisi pada bagian batang. Contoh umbi batang adalah kentang dan gembili.

Umbi batang

Umbi akar memiliki bentuk besar dan berisi pada bagian akar. Contoh umbi akar adalah wortel, lobak, dan singkong.

Umbi Akar

b.       Geragih / Stolon

Geragih merupakan batang yang merambat di atas atau dibawah tanah. Dapat juga disebut stolon. Ruas-ruasnya yang menjalar dan menempel pada tanah akan membentuk akat dan tunas baru. Contoh perkembangbiakan dengan geragih adalah pegagang, stroberi, arbei.

Geragih/Stolon

c.       Akar tinggal

Akar tinggal atau rhizome merupakan batang yang tertinggal di dalam tanah. Batang tersebut tumbuh dengan mendatar dan seolah terlihat seperti akar. Batang yang mendatar tersebut beruas-ruas dan tumbuh akar. Contoh akar tinggal adalah jahe, kunyit, lengkuas, kencur, temulawak.

Akar tinggal (Rhizoma)
       d.       Spora

Spora merupakan sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembangbiakan. Ukuran spora sangat kecil dn berbentuk seperti biji. Kotak spora yang sudah matang akan pecah dan butiran spora akan beterbangan. Spora yang jatuh di tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi tanaman baru. Contoh perkembangbiakan dengan spora adalah tumbuhan paku, lumut, dan jamur.

Spora
        e.       Tunas

Tumbuhan anakan akan tumbuh di samping induknya dan menjadi pohon baru yang sejenis. Jaraknya pun berdekatan sehingga membentuk rumpun pohon tertentu. Contoh perkembangbiakan dengan tunas adalah pohon pisang, bamboo, tebu, cocor bebek, cemara, sukun, dan kesemek. Tunas batang terdapat pada pohon pisang, bambu, dan tebu. Pada pohon pisang, tunas tumbuh dari bonggolnya. Tunas daun terdapat pada cocor bebek. Tunas yang tidak tumbuh pada batang disebut tunas adventif.

Tunas pada pisang
Tunas Adventif pada cocor bebek

2.       Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan vegetative secara buatan dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk mendapatkan tumbuhan baru dengan cepat dan juga tidak bergantung dengan musim. Tumbuhan tersebut memiliki sifat yang sama dengan induknya. Berikut ini adalah macam-macam perkembangbiakan secara vegetatif buatan.

a.       Setek

Perkembangbiakan dilakukan dengan menanam potongan dari bagian tanaman. Tidak semua tumbuhan bisa disetek. Bagian yang dapat ditanam adalah batang, tangkai, atau daun. Contoh tumbuhan yang dapat disetek adalah singkong, tebu, dan mawar. Singkong dan tebu disetek batangnya. Sedangkan mawar disetek bagian tangkainya.

Stek

b.       Cangkok

Perkembangbiakan dilakukan dengan memotong dahan tumbuhan induknya dan akar akan tumbuh pada batang atau cabang yang dicangkok. Kelebihan tanaman dicangkok agar cepat berbuah dan menddapatkan individu baru yang sama persis dengan induknya. Contoh tumbuhan yang dapat dicangkok adalah manga, jeruk, jambu, rambutan, dan durian.

Cangkok

c.       Okulasi (tempel)

Perkembangbiakan dilakukan dengan cara menempelkan mata tunas dari dua tumbuhan yang sejenis, tetapi berbeda sifat. Tumbuhan yang ditempel harus kuat. Contoh perkembangbiakan dengan Teknik tempel adalah mangga manalagi dengan mangga arum manis akan menghasilkan dua rasa yang sama seperti sebelumnya atau menghasilkan rasa yang berbeda.

Okulasi

d.       Sambung

Perkembangbiakan dilakukan dengan cara menggabungkan batang bawah dan batang atas dua tanaman yang sejenis. Tujuannya adalah untuk menggabungkan sifat-sifat unggu dari tanaman dan diperoleh satu tanaman yang memiliki sifat-siafat unggul. Contoh perkembangbiakan dengan Teknik sambung adalah tanaman tomat dan terung.


Menyambung

e.       Runduk

Perkembangbiakan dilakukan dengan cara menimbun batang tumbuhan ke dalam tanah dan diharapkan akan tumbuh akar. Tumbuhan yang biasa dikembangbiakan dengan cara merunduk adalah yang memiliki batang menjulur dan berbuku-buku. Batang yang telah tumbuh akar dapat dipotong dan ditanam menjadi pohon baru. Contoh perkembangbiakan dengan Teknik runduk adalah arbei, apel, tebu, stroberi, melati, allamanda, selada air.

Merunduk


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url