Sikap Mencerminkan Kerja Sama Antar Umat Beragama

Guru Onlineku - Kerja sama adalah sebuah usaha oyang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan Bersama. Beberapa masyarakat di Indonesia memiliki sebutan yang berbeda-beda tentang kerja sama, antara lain Manunggal Sakato di daerah Sumatra Barat, Sikaroban di Palembang, Gugur Gunung di daerah Jawa, Mapalus di Minahasa, Subak di Bali. Semua itu menunjukkan bahwa kerja sama di masyarakat sudah menjadi simpul yang tidak bisa dipisahkan dan menjadi inti dan tergeraknya peradaban manusia yang ada di Indonesia maupun dai daerha lain. 



              Gotong royong atau kerja sama yang ada di masyarakat memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1.       Kesadaran akan hidup bermasyarakat tidak akan tercipta tanpa adanya tolong menolong.

2.       Manusia hanya bisa hidup secara wajar jika manusia sadar bahwa mereka harus saling membantu satu sama lain dan menyadari bahwa kerja sama adalah bentuk atau upaya inti terwujudnya masyarakat yang ideal.

Dalam kehidupan terdapat bermacam-macam kerja sama. Salah satunya adalah kerja sama antar umat beragama. Kerja sama antar umat beragama dilaksanakan dalam rangka menciptakan stabilitas dan keamanan nasional, bukan dalam perkara agama atau keyakinan. Hal ini dikarenakan sikap toleransi antar umat beragama. Dengan mengembangkan sikap toleransi, tanpa harus mengusik keyakinan agama lain, maka akan tercipta harmonisasi antarumat Bergama. Kerja sama tersebut ditandai dengan:

1.       Saling menghormati umat seagama dan beda agama;

2.       Menghormati Lembaga keagamaan yang segama dan beda agama

3.       Menghormati hak dan kewajiban antar umat beragama

Dalam mengembangkan sikap kerja sama diberbagai bidang kehidupan masyarakat, maka setiap warga negara harus menghindari sikap tidak terpuji berikut.

1.       Merasa benar sendiri

2.       Individualis atau mementingkan kepentingan sendiri saja.

3.       Ekslusivisme yaitu memisahkan diri dari masyarakat dan menganggap dirinya beda dengan masyarakat secara umum

Sikap tidak terpuji tersebut akan memperambat pengembangan stabilitas dan pengembangan kerja sama dalam berbagai bidang di masyarakat luas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url