SIMPULAN SUATU BACAAN

Guru Online - Kesimpulan merupakan inti sari berdasarkan uraian yang sebelumnya bersifat umum. Sebelum menyimpulkan, sebaiknya kamu terlebih dahulu menentukan ide pokok dari masing-masing paragraf. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kamu Ketika menyimpulkan sebuah teks. Adapun ciri-ciri kesimpulan yang baik, diantaranya sebagai berikut.

1.       Menentukan Bahasa sendiri dengan kosataka baku

Kalimat simpulan ditulis menggunakan Bahasa sendiri sehingga tidak perlu menulis Kembali kalimat atau seluruh kalimat dalam paragraf

2.       Berdasarkan ide pokok suatu paragraf

Kalimat simpulan harus sesuai dengan ide poko dalam paragraf yang menjadi acuan, bahkan memiliki kesamaan dengan ide pokok.

3.       Memuat kata kunci dari kalimat penjelas

Di dalam kalimat simpulan perlu ditulis kata-kata kunci yang merupakan  bagian dari kalimat-kalimat penjelas dalam paragraf.


Contoh :

Tanaman yang terdapat ditaman akan memberikan kontribusi yang cukup penting untuk sirkulasi udara yang segar dan bersih bagi penghuni rumah. Terlebih jika kita tinggal diperkotaan yang tingkat populasi udaranya cukup tinggi. Ditempat semacam ini, tanam dapat berperan sebagai penyangga ekosistem dan sebagai suplai oksigen serta udara bersih yang menyehatkan.

Dari bacaan di atas, ide pokok bacaan terdapat di kalimat utama yang berada pada awal paragraf. Dari ide pokok bacaan tersebut dapat disimpulkan “Tanaman berkontribusi untuk sirkulasi udara”.

Jadi simpulan bacaan di atas adalah “Tanaman berkontribusi untuk sirkulasi udara”.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url