Menentukan Ide Pokok Bacaan

Guru Onlineku - Teks atau bacaan terdiri atas beberapa paragtaf. Paragraf terdiri atas satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Kalimat utama merupakan kalimat yang memuai ide pokok dalam satu paragraf. Kalimat utama dijelaskan oleh kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama dapat terletak di awal, di akhir, serta di awal dan di akhir paragraf.

Letak kalimat utama menentuka jenis paragrafdalam bacaan. Paragraf dengan kalimat utama terletak di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf dengan kalimat utama di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf dengan kalimat utama di awal dan di akhir disebut paragraf campuran (deduktif-induktif).

Menentukan Kalimat Utama

Berikut Langkah menentukan kalimat utama.

a.       Bacaan dengan cermat kalimat-kalimat dalam paragraph.

b.       Bacaan Kembali kalimat pertama dan terakhir dalam paragraph.

c.       Tentukan ide pokok di antara kalimat-kalimat tersebut.

Menentukan Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas adalah kalimat-kalimat yang menjelaskan kalimat utama. Kalimat penjelas memuat gagasan penjelas. Kalimat penjelas disebut juga kalimat pendukung.

Berikut Langkah menentukan kalimat penjelas.

a.       Bacaan dengan cermat kalimat-kalimat dalam paragraph.

b.       Cermati kalimat utamanya

c.       Kalimat penjelas berisi informasi yang berkaitan dengan kalimat utama.

Kalimat penjelas harus membuat paragrafatau bacaan menjadi logis, padu, dan berhubungan (koheren).

Menentukan Ide Pokok

Ide pokok disebut juga gagasan pokok atau gagasan utama. Ide pokok merupakan masalah utama yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Ide pokok dapat terletak di awal paragraf(deduktif), di akhir (induktif), di awal dan di akhir paragraf(deduktif-induktif), atau di seluruh paragraf.

Contoh :
Burung pelikan gemar memakan ikan. Kakinya berselaput seperti bebek. Bentuk kaki tersebut memudahkannya bergerak di air. Saat berenang, mereka bergerak mengepung ikan yang adak ditangkap.

Dari bacaan di atas dapat kita tentukan

a.       Kalimat utama :  Burung pelikan gemar memakan ikan (paragrafdeduktif)

b.       Kalimat penjelas : (1) Kakinya berselaput seperti bebek. (2) Bentuk kaki tersebut memudahkannya bergerak di air. (3) Saat berenang, mereka bergerak mengepung ikan yang adak ditangkap.

c.       Ide Pokok : Burung pelikan gemar / suka memakan ikan .

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url