Hak dan Kewajiban Terhadap Air

Guru Onlienku - Makhluk hidup membutuhkan air dalam kehidupan sehri-harinya. Tanpa ada air, semua makhluk hidup tidak akan bertahan hidup dalam jangka waktu lama. Selain sebagai sumber kehidupan makhluk hidup, air juga merupakan energi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Salah satu manfaat energi air, yaitu sebagai penggerak utama kincir air yang mengubah energi air menjadi energi mekanik. Keuntungan menggunakan air sebagai sumber energi ini karena segala sesuatu yang didapatkan oleh manusia sejak dalam kandungan.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) merupakan pusat pembangkit tenaga listrik yang mengubah energi potensial air menjadi energi listri. Mesin penggerak yang digunakan adalah turbin air untuk mengubah energi potensial air menjadi kerja mekanis poros yang akan memutar rotor pada generator untuk menghasilkan energi listrik.

Dalam memanfaatkan air, manusia harus memperhatikan hak dan kewajiban terhadap penggunaan air tersebut. Jika seseorang tidak melaksanakan kewajiban, maka lingkungan menjadi tidak nyaman, sumber daya alam menjadi cepat habis dan hidup jadi tidak tertib. Berikut contoh hak yang dapat diperoleh manusia dalam pemanfaatan air.

1.       Hak mendapatkan air bersih

2.       Hak mendapatkan aliran air yang lancer

3.       Hak memanfaatkan air untuk mandi, mencuci, dan minum

4.       Hak memanfaatkan air untuk mengairi sawah

Sebelum mendapatkan hak, kita harus melaksanakan kewajiban. Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan. Berikut contoh kewajiban yang harus dilakukan dalam pemanfaatan air.

1.       Menggunakan air sesuai kebutuhan

2.       Menutup keran air jika sudah tidak digunakan

3.       Tidak mencemari air dengan limbah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url