Manfaat Energi Angin

Guru Onlineku - Angin merupakan salah satu sumber energi yang dapat diperbarui. Energi angin memanfaatkan kekuatan dan tenaga angin untuk menggerakkan sesuatu. Angin sendiri merupakan udara yang bergerak, sehingga dapat menimbulkan gaya. Energi angin sebenarnya dapat muncul setiap saat dan setiap waktu, namun intensitasnya tidak tentu, kadang besar dan juga kadang kecil, sehingga sulit diprediksi. Namun demikian, ada beberapa daerah yang sering berangin, sehingga dapat dimanfaatkan energinya.

Energi angin telah dimanfaatkan banyak orang sejak awal sejarah. Pada awal 5000 SM sudah banyak orang yang memanfaatkan energi angin untuk mendorong perahu di sepanjang Sungai Nil. Tidak hanya itu saja, pada 200 SM Cina sudah memanfaatkan kincir angin sederhana untuk memompa air. Sedangkan, kincir angin sumbu vertical dengan latar buluh tenun digunakan untuk menggiling biji-bijian di Persia dan juga Timur Tengah.

Energi angin tidak hanya dimanfaatkan oleh manusia saja, tetapi juga semua makhluk hidup yang ada di Bumi ini. Manfaat energi angin adalah sebagai berikut.

1.       Pembangkit Listrik

Energi angin dapat menggerakkan alat yang sering kita kenal dengan istilah kincir angin sebagai pembangkit listrik. Dengan menggunakan energi angin sebagai pembangkit listrik, maka kita akan dapat mengurangi pencemaran dan polusi udara, serta menjaga keutuhan cadangan bahan bakar.


2.       Pemainan dan Hiburan

Energi angin juga dapat dimanfaatkan sebagai hiburan sederhana. Misalnya, bermain laying-layang dan pesawat dari kertas. Bermain laying-layang dan pesawat-pesawatan dari kertas membutuhkan energi angin agar dapat dimainkan. Apabila tidak ada energi angin, pastinya kedua permainan tersebut tidak dapat dimainkan.


3.       Perkembangbiakan Tumbuhan

Tumbuhan juga memanfaatkan energi angin. Angin membantu dalam proses penyerbukan, Ketika serbuk sari terbawa oleh embusan angin dan menempel pada kepala putik. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu angin adalah tebu, jagung dan padi.

4.       Pembentukan Batuan

Angin juga berperan penting dalam proses abrasi dan pembentukan batu-batuan yang kita alami yang disebabkan oleh abrasi karena pengaruh energi angin, yang akhirnya membentuk batuan tersebut.

5.       Penggerak Kapal Layar

Saat ini, masih ada beberapa kapal nelayan yang melaut dengan memanfaatkan energi angin. Dengan menggunakan kapal layer, maka kapal yang mereka tumpangi dapat bergerak, tanapa menggunakan mesin sekaligus. Ketika angin mengalir, kapal layer bergerak dengan cepat.

6.       Olahraga Angin dan Udara

Beberapa olahraga dapat memanfaatkan energi angin adalah terjun paying, gantole, paralayang dan paragliding.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url