Hak dan Kewajiban terhadap Penggunaan Kertas

Guru Onlineku - Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban. Salah satu contoh hak manusia adalah hak menggunakan kertas. Peningkatan penggunaan kertas tentunya diiringi dengan peningkatan kebutuhan akan bahan baku dan bahan tambahan lainnya. Konsekuensinya adalah terjadi peningkatan limbah dari proses produksi kertas dan peningkatan jumlah kertas bekas. Jika kita tidak memulai memperbaiki konsumsi kertas kita sejak saat ini, maka akan terjadi kebiasaan dan ketergantungan untuk selalu menggunakan kertas dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, kita mempunyai kewajiban untuk menggunakan kertas dengan hemat.

         Beberapa cara yang bis akita lakukan untuk menghemat kertas adalah sebagai berikut.

1.     Gunakanlah Kertas Dua Sisi

      Cara ini mampu menghemat kertas hingga 50%. Misalnya, jika kita mencetak 20 halaman, maka dengan mencetak dua sisi kita hanya butuh 10 lembar kertas.


2.       Memperkecil Margin Dokumen

      Memperkecil margin dokumen dapat menghemat. Jika kita memperkecil margin serta ukuran huruf, otomatif huruf yang termuat dalam satu halaman lebih banyak

3.       Jangan Bagikan Buku Catatan Ketika Seminar

      Pada saat menyelenggarakan seminar, tidak perlu dibagikan kertas. Setiap peserta biasanya telah membuat catatan sendiri. Dokumen atau materi seminar bisa dikirim melaului email bagi yang menginginkannya.

4.       Memanfaatkan Kembali Kertas Bekas

      Kertas bekas sebaiknya tidak dibuang. Kita lihat terlebih dahulu masih adakah bagian yang kosong. Jika masih ada bagian yang kosong kita masih bisa memanfaatkannya, misalnya untuk Latihan mengerjakan soal-soal matematika. Kita juga bisa memanfaatkannya Kembali kertas bekas, misalnya untuk membuat kerajinan.


5.       Mengoptimalkan Koran

       Saat ini banyak media online. Kita bisa menggunakannya sebagai pengganti koran. Namun, jika kita ingin membaaca koran secara konvensional, sebaiknya kita membaca di tempat umum saja. Misalnya di sekolahan atau di kantor. Tidak perlu membeli sendiri

6.       Manfaatkan Email (Surat Elektronik)

       Email dapat digunakan sebagai pengganti surat. Menggunakan email akan menghemat kertas dan biaya. Kita tidak perlu mencetak surat sehingga tidak perlu menggunakan kertas. Di samping itu, kita tidak perlu membayar biaya pengiriman pos.

7.       Simpan Dokumen Secara Digital

       Dokumen tidak harus dicetak. Cukup disimpan dalam bentuk digital. Pencentakan hanya untuk dokumen yang benar-benar dibutuhkan.

8.       Gunakan kamera digital

       Orang yang hobi fotografi sebaiknya menggunakan kamera digital dan menyimpan foto dalam bentuk digital pula. Foto-foto yang dicetak hanyalah foto-foto yang dibuttuhkan. Selain menghemat biaya, menggunakan foto digital juga menghemat kertas.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url