Cara menghindari Bahaya Listrik

Guru Onlineku - Peralatan listrik memudahkan kegiatan yang kita lakukan. Dengan mesin cuci, kita tidak susah payah mencuci pakaian dengan tangan. Dengan kipas angin, kita tidak pelu lelah menggerakkan tangan menggunakan kipas tangan. Dulu, orang menyetrika menggunakan arang kayu. Butuh waktu yang cukup lama untuk membuat arang membara. Kebersihannya pun tidak terjaga. Saat ini, setrika listrik membuat pekerjaan menyetrika lebih mudah, praktis, dan bersih. Bahan makanan menjadi awet dan tidak cepat membusuk dengan adanya lemari pendingin. Selain kipas angin, AC (air conditioner) juga dapat digunakan sebagai pendingin ruangan.

        Akan tetapi, kita harus berhati-hati dalam menggunakan alat-alat listrik tersebut. Apabila kita menggunakannya dengan cara yang salah, kita dapat tersetrum. Hal ini sangat berbahaya. Kebakaran rumah juga dapat terjadi karena konseling listrik.

        Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan listrik guna menjaga keselamatan adalah sebagai berikut :

1.       Tangan dan anggota tubuh kita tidak boleh basah saat menggunakan alat listrik. Kulit yang basah dapat bersifat konduktor (mudah dialiri) listrik.

2.       Stopkontak dan steker harus tetap dijaga kering. Jangan sampai terkena air. Air merupakan konduktor listrik yang baik.

3.       Selain steker, stopkontak tidak boleh dimasuki benda lainnya

4.       Kabel tidak boleh terkelupas. Jika kabel terkelupas, sebaiknya jangan digunakan atau diperbaiki.

5.       Jangan menumpuk steker pada satu stopkontak

6.       Jangan mencoba memperbaiki sendiri alat listrik yang rusak, bila tidak paham.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url