Memahami Teks Eksplanasi

Guru Onlineku - Teks Eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi juga sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa lain sesudahnya. Contoh teks eksplanasi adalah terjadinya tsunami, terjadinya Pelangi, peristiwa gunung Meletus, dan lain sebagainya.

        Teks eksplanasi memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, dilanjutkan dengan urutan sebab akibat dan diakhiri dengan interprestasi. Untuk lebih memahamkan lagi mengenai struktur tersebut, simak uraian berikut ini.

1.       Pernyataan Umum

        Berisi tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya. Penjelasan umum yang dituliskan dalam teks ini berupa gambaran secara umum tentang apa, mengapa, dan bagaimana proses peristiwa alam tersebut bisa terjadi.

2.       Deretan penjelas

        Berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta dan bisa terdiri lebih dari satu paragraf. Deretan penjelas mendeskripsikan dan merincikan penyebab dan akibat dari sebuah bencana alam yang terjadi.

3.       Interprestasi (Opsional)

        Teks penutup bersifat pilihan, bukan keharusan. Teks penutup yang dimaksud adalah, teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Pilihannya dapat berupa tanggapan maupun mengambil kesimpulan atas pernyataan yang ada dalam teks tersebut.

        Teks eksplanasi memiliki ciri-ciri yang dapat memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks lainnya. Berikut ini ciri-ciri teks eksplanasi

1.       Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interprestasi seperti penjelasan di atas.

2.       Memuat informasi berdasarkan fakta “factual”.

3.       Faktualnya itu memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan seperti sains dan yang lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url