Cara Menghemat Energi di Dapur

Guru Onlineku - Kita berhak memanfaatkan energi listrik dan bahan bakar untuk aktivitas sehari-hari. Namun, kita juga wajib menghemat penggunaanya. Berikut ini merupakan cara khusus menghemat energi yang bisa kita lakukan di rumah.

1.       Memasak Air dengan Ukuran yang Tepat

Jika kita memasak air dengan jumlah sedikit dan ternyata kebutuhan air di rumah kita kurang dan kita harus memasak lagi, maka tindakan tersebut merupakan perbuatan yang boros energi. Karena kita memasak air secara berulang-ulang. Sehingga kita perlu memperkirakan kebutuhan air kita dalam sehari untuk menghemat energi.

2.       Menggunakan Panci yang Besarnya sesuai dengan Air yang Dimasak

Wadah terlalu besar dan isi yang sedikit akan membuang energi lebih banyak.

3.       Memasak Air dengan Panci Tertutup

Air akan cepat mendidih jika panic terrtutup. Saat panic terbuka, energi panas akan terbuang sia-sia

4.       Manfaatkan Waktu Nyala Kompor secara Efisien

Gunakan kompor secara bijaksana dengan meminimalkan waktu nyala kompor. Jangan menyalakan kompor jika Anda belum meletakkan panic atau wajan di atas kompor atau belum menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak.

5.       Jangan membuka Kulkas Terlalu lama atau terlalu sering

Kulkas mempertahankan suhu yang diinginkan dengan bantuan kompresor. Saat kulkas tertutup, kompresor hanya bekerja sebentar untuk mempertahankan suhu. Saat kulkas dibuka, maka suhu dalam ruang kulkas akan naik karena pengaruh udara luar. Hal ini akan mengaktifkan kompresor untuk mendinginkan Kembali ruang dalam kulkas. Makin lama kulkas di buka makan akan makin besar kenaikan suhu ruang kulkas dan makin kompresor aktif untuk mengembalikan suhu ruang kulkas seperti semula. Demikian pula jika kulkas sering dibuka.

6.       Kurangi Penggunaan Alat Listrik

Kita dapat menggunakan blender untuk menghaluskan bumbu. Namun, jika kita hanya perlu menghaluskan bumbu yang tidak banyak, mengunakan ulekan tradisional cukup efektif untuk menghaluskan bumbu dalam waktu singkat. Demikian juga jika kita ingin membuat adonan bahan makanan dalam jumlah yang sedikit, kita mungkin tidak perlu menggunakan mikser.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url