Jenis-jenis Rangkaian Listrik

Guru Onlineku - Listrik dapat dibawa melalui kawat penghantar dari pusat pembangkit listrik ke rumah-rumah penduduk dan dapat diubah menjadi panas, cahaya, dan energi gerak. Arus listrik dapat mengalir ke alat-alat listrik melalui suatu rangkaian listrik. Rangkaian  listrik ada yang rumit dan ada yang sederhana.

            Listrik yang berasal dari baterai mengalir melalui kabel, kemudian ke bola lampu, lalu Kembali ke baterai. Akibatnya, bola lampu menyala. Inilah yang dinamakan rangkaian listrik. Lampu dapat menyala jika rangkaian listrik tertutup, artinya dalam rangkaian itu tidak ada ujung dan pangkalnya, sehingga arus dapat mengalir dari kutub positif (+) ke kutub negative (-) melalui kabel penghantar secara terus-menerus.


            Berdasarkan hal tersebut, maka dapat diketahui penyebab tidak menyalanya lampu pada rangkaian yang tidak tertutup. Pada rangkaian tersebut ada salah satu bagian yang tidak tersambung. Berarti ada komponen rangkaian terputus sehingga rangkain terbuka. Rangkaian terbuka adalah rangkaian yang memiliki ujung dan pangkal. Akibatnya arus tidak dapat mengalir dari baterai ke lampu sehingga lampu tidak menyala.

            Salah satu komponen penting dalam suatu rangkaian listrik adalah sumber arus listrik, misalnya baterai. Baterai dapat disusun secara berderet, berjajar, atau campuran antara keduanya.

Perhatikan gambar berikut

            Dua baterai atau lebih yang dirangkai secara berurutan tanpa cabang disebut rangkaian seri. Namun, apabila baterai-baterai itu disusun secara berjajar maka disebut rangkaian parallel. Sementara itu, baterai yang disusun secara seri dan paraler menghasilkan rangkaian campuran

            Susunan baterai ini dalam suatu rangkaian memengaruhi nyala lampu. Tiga buah baterai yang disusun secara seri menghasilkan energi yang lebih besar sehingga arus yang mengalir juga lebih besar. Akibatnya, bola lampu akan menyala lebih terang jika dibandingkan dengan menggunakan baterai satu saja.

            Selain baterai, komponen listrik lain adalah lampu. Sama halnya seperti baterai, lampu juga dapat dirangkai secara seri, parallel, atau campuran keduanya. Coba, kalian perhatikan gambar dibawah ini.

            Pada pemasangan lampu secara seri, apabila salah satu lampu padam, maka kedua lampu yang lain juga ikut padam. Hal yang berkebalikan terjadi pada lampu yang dirangkai parallel. Apabila salah satu lampu padam, lampu yang lainnya tetap menyala terang. Itulah sebabnya listrik diperumahan penduduk menggunakan rangkaian parallel. Contoh lainnya adalah rangkaian listrik pada lampu hias. Lampu hias dirangkai secara parallel sehingga jika salah satu lampu padam, lampu lainnya tidak ikut padam.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url