Penemuan Listrik Membawa Perubahan Sosial Budaya Masyarakat

Guru Onlineku - Di kehidupan modern seperti saat ini, segala sesuau dapat diperoleh dan dapat dilakukan dengan mudah. Hal tersebut dikarenakan adanya banyak penemuan baru yang membawa perubahan zaman dari kehidupan tradisional menjadi kehidupan modern.

            Salah satu penemuan baru yang memberikan dampak besar dalam kehidupan adalah adanya energi listrik. Semua orang pasti membutuhkan listrik untuk kehidupan sehari-hari karena kita sangat bergantung pada energi tersebut. Energi listrik memiliki manfaat yang banyak, seperti sumber pencahayaan, sumber panas, sumber energi, dan juga sumber gerak. Sebelum adanya listrik, manusia melakukan kegiatan sehari-hari dengan tradisional, misalnya menggunakan lilin, lampu teplok, atau obor sebagai penerangan. Cahaya yang dihasilkan pun tidak begitu terang dan jelas. Namun, setelah ditemukannya listrik, manusia menggunakan bola lampu sebagai seumber pencahayaan. Tidak hanya itu, listrik dimanfaatkan untuk berbagai hal di segala bidang.

            Penemuan listrik sangat berdampak pada perubahan social budaya masyarakat. Perubahan social budaya meliputi sikap, perilaku, nilai, gaya hidup, dan tata kehidupan masyarakat. Perubahan social budaya merupakan pengaruh dari tatanan hidup tradisional menjadi modern. Masyarakat modern memiliki pola piker dan sikap yang sesuai dengan perkembangan zaman.

            Pengaruh penemuan listrik di bidang social adalah masyarakat menjadi mudah berkomunikasi dengan siapapun dan di manapun tanpa terhalang jarak dan waktu. Ada berbagai cara yang dilakukan manusia dalam melakukan komunikasi, salah satunya dengan transportasi atau alat teknologi. Bidang transportasi meliputi kereta api, motor, bus, kapal, mobil, dan pesawat terbang. Pengaruh listrik dalam bidang komunikasi dan teknologi, misalnya adalah telepo genggam atau handphone. Pengaruh penemuan listrik di bidang budaya, salah satunya adalah dapat mngakses atau memperoleh informasi dari berbagai sumber mengenai budaya di setiap negara dengan mudah dan cepat sehingga kita dapat saling belajar untuk mengenal budaya satu sama lain. Perubahan yang terjadi, dapat memudahkan hidup manusia dan menjadi kehidupan menjadi lebih baik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url