Makna Proklamasi Kemerdekaaan Bagi Bangsa Indonesia

Guru Onlineku - Proklamasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “proclamatio”, yang berarti pengumuman kepada seluruh rakyat. Pengumuman tersebut terutama pada hal-hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan. Proklamasi adalah semangat dengan rela berjuang, berjuang dengan hakiki, tulus dan penuh idealism dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri.


Proklamasi kemerdekaan merupakan pengumuman kepada seluruh rakyat akan adanya kemerdekaan. Pengumuman akan adanya kemerdekaan tersebut sebenarnya tidak hanya ditujukan kepada rakyat dari negara yang bersangkutan, namun juga kepada rakyat yang ada diseluruh dunia dan kepada semua bangsa yang ada di muka bumi ini.

Makna Proklamasi sangatlah penting bagi bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan yang dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 menjadi titik balik kehidupan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan yang dikumandakan Ir. Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.

Proklamasi kemerdekaan juga memiliki makna yang lain, diantaranya sebagai berikut

  1. Proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia
  2. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Proklamasi sebagai tonggak sejarah Indonesia
  4. Proklamasi merupakan alat hukum internasional untuk bangsa Indonesia dalam melakukan hubungan dan Kerjasama internasional
  5. Proklamasi sebagau titik tolak perubahan hukum colonial menjadi hukum nasional
  6. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan Makmur

Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil sikap untuk menentukan nasibnya sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia memiliki kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

Kemerdekaan bangsa Indonesia ditandai dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945. Dihadiri oleh para tokoh pergerakan kemerdekaan dan seluruh rakyat Indonesia yang ingin menyaksikan buah hasil dari perjuangan para pahlawan dan tokoh penting demi kemerdekaan Indonesia.

Upacara pembacaan teks proklamasi tersebut berjalan lancar bertempat di kediaman Ir. Soekarno, jalan pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta. Beberapa acara telah disusun dalam hari kemerdekaan Indonesia, seperti pengibaran bendera Merah Putih dan beberapa sambutan oleh walikota pada saat itu, yaitu Suwiryo dan dr. Muwardi.

Hari itu menjadi hari terpenting dan menjadi sejarah kemerdekaan Indonesia yang paling dikenang oleh seluruh masyarakat Indonesia. Dengan tersiarnya kabar kemerdekaan Indonesia ke beberapa daerah hingga luar negeri, membuat Indonesia benar-benar sudah merdeka dan bebas dari belenggu para penjajah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url