Pelaksanaan Kewajiban Mengikuti Pendidikan Dasar

 Guru Onlineku - Kita hidup di lingkungan masyarakat. Kita adalah bagian dari masyarakat. Sebagai warga masyarakat yang baik kita mempunyai kewajiban untuk peduli terhadap lingkungan. Banyak kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan. Misalnya, menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, ikut serta dalam kegiatan kerja bakti membersihkan lingungan, dan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan.

Sebagai seorang siswa kamu mempunyai kewajiban peduli dengan lingkungan sekolah. Salah satunya adalah dengan mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah. Seorang siswa hendaknya selalu mematuhi peraturan yang ada di lingkungan sekolah. Misalnya, memakai seragam sekolah sesuai ketentuan, tiba di sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi, menjaga ketenangan dan ketertiban di lingkungan sekolah, serta menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Semua warga negara wajib mengikuti Pendidikan dasar. Kewajiban mengikuti Pendidikan dasar bagi setiap warga negara Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia pasal 31 ayat (2), yang berbunyi: “Setiap warga negara wajib mengikuti Pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.”

Pemerintah mewajibkan warga negara untuk mengikuti Pendidikan dasar Sembilan tahun. Hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki Pendidikan di negara kita. Pemerintah menginginkan tingkat kecerdasan bangsa ini makin meningkat.

Upaya pemerintah yang lain untuk memperbaiki Pendidikan di negara kita adalah dengan memperbaiki fasilitas Pendidikan, misalnya memperbaiki Gedung-gedung sekolah yang rusak, memberikan bantuan buku gratis, dan menyediakan pengajar-pengajar atau guru yang professional.

Program pemerintah untuk meningkatkan tingkat kecerdasan bangsa sangat membutuhkan peran serta dan dukungan dari warga masyarakat. Misalnya, masyarakat menggalakkan jam belajar. Tanpa adanya dukungan dari warga masyarakat pemerintah akan sulit mewujudkan programnya.

Kewajiban siswa dalam kehidupan sehari-hari tidak hanya mengikuti Pendidikan dasar. Masih banyak kewajiban yang lain, seperti mematuhi nasihat orang tua dan guru, serta mematuhi peraturan di rumah dan di sekolah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url