Manfaat Hidup Rukun

Guru Onlineku - Senang rasanya jika ada yang bisa membantu saat kita sedang susah. Itu adalah salah satu wujud kerukunan. Ternyata ada banyak manfaat hidup rukun untuk kita. Kerukunan adalah susasana kehidupan aman, tenteram, dan saling Kerjasama antara anggota masyarakat. Kerukunan bisa dimulai dari berteman dengan siapa saja tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, dan kelompok.

>

          Tuhan menciptakan kita berbeda-beda agar kita saling mengenal dan saling menghargai. Perbedaan merupakan anugerah. Perbedaan tidak menghalangi persatuan. Dengan bersatu, kita dapat melakukan banyak hal. 

         Rukun artinya tidak bertengkar. Rukun artinya hidup dengan baik dan damai. Rukun dengan keluarga. Rukun dengan teman. Rukun dengan tetangga dan rukun kepada siapa saja. Hidup rukun membuat kita mempunyai banyak teman. Rukun membuat kehidupan kita harmonis. Rukun dan persatuan merupakan bagian dari sikap nasionalisme.    

         Kehidupan bermasyarakat yang rukun akan memberikan manfaat pada manusia sebagai makhluk social. Berikut ini beberapa manfaat hidup rukun.

1.       Menghasilkan komunikasi yang baik

2.       Kehidupan lebih harmonis

3.       Keadaan lebih aman dan tenteram

4.       Mempererat persatuan dan kesatuan

5.       Menghindari perselisihan

6.       Memiliki lebih banyak teman.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url