Memahami Isi Kandungan Surah al-‘Adiyat

Guru Onlineku - Kali ini kita akan belajar tentang firman Allah Swt.. terkait ancaman bagi manusia-manusia yang tidak bersyukur (ingkar) dengan nikmat yang diberikan dan cinta harta dengan berlebihan. Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam Surah al-‘Adiyat

بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

وَالْعَادِيَاتِ ضَبْحًا ﴿١﴾ فَالْمُورِيَاتِ قَدْحًا ﴿٢﴾ فَالْمُغِيرَاتِ صُبْحًا ﴿٣﴾ فَأَثَرْنَ بِهِ نَقْعًا ﴿٤﴾ فَوَسَطْنَ بِهِ جَمْعًا ﴿٥﴾ إِنَّ الْإِنسَانَ لِرَبِّهِ لَكَنُودٌ ﴿٦﴾ وَإِنَّهُ عَلَىٰ ذَٰلِكَ لَشَهِيدٌ ﴿٧﴾ وَإِنَّهُ لِحُبِّ الْخَيْرِ لَشَدِيدٌ ﴿٨﴾ أَفَلَا يَعْلَمُ إِذَا بُعْثِرَ مَا فِي الْقُبُورِ ﴿٩﴾وَحُصِّلَ مَا فِي الصُّدُورِ ﴿١٠﴾ إِنَّ رَبَّهُم بِهِمْ يَوْمَئِذٍ لَّخَبِيرٌ ﴿﴾١١

Artinya:

“Demi kuda perang yang berlari kencang terengah-engah, dan kuda yang memercikkan bunga api (dengan menggulung kuku kakinya), dan kuda yang menyerang (dengan tiba-tiba) pada waktu pagi, sehingga menerbangkan debu, lalu menyerbu ke tengah-tengah kumpulan musuh, sungguh, manusia itu sangat ingkar, (tidak bersyukur) kepada Tuhannya, dan sesungguhnya dia (manusia) menyaksikan (mengakui) keingkarannya, benar-benar cinta kepada harta benar-benar berlebihan. Maka tidakkah dia melihat hati apa yang di dalam kubur dikeluarkan, dan apa yang tersimpan di dalam dada?. Tuhan mereka pada hari itu Maha teliti terhadap keadaan mereka.”

Kandungan Surah al-Adiyat

1.  Surah al-Adiyat termasuk surah Makkiyah karena diturunkan di Makkah. Nama surah yang diturunkan setelah surah al-Ashr ini diambil dari ayat pertama yang berarti “Kuda Perang”. Dalam al-Qu’ran, surah al-‘adiyat merupakan surat urutan ke-100.

2.    Surah al-‘Adiyat terdiri dari 11 ayat. Di dalamnya Allah Swt. menunjukkan dasar-dasar sifat manusia yang sejatinya cenderung kufur nikmat dan sangat cinta harta.

3.    Berikut, kandungan Surah al-‘Adiyat:

a.    Dalam Surah al-‘Adiyat Allah Swt. menunjukkan sifat dasar manusia yang ingkar terhadap nikmat yang diberikan.

b.      Selain itu pada dasarnya manusia juga sangat cinta harta dan duniawi.

c.      Karena kufur nikmat dan cinta harta ini pula seringkali manusia lupa bersyukur baik secara lisan dengan mengucap Alhamdulilah maupun secara tindakan dengan berbagi.

d.  Melalui Surah al-‘Adiyat ini Allah Swt.. memberi peringatan tentang hari pembalasan, saat ditampakkan semua apa yang ada di dalam hati manusia dan Allah Swt.. yang Maha Teliti akan memberi balasan atas sikap manusia yang kufur nikmat dan cinta harta berlebih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url