Perkembangbiakan secara Generatif pada Tumbuhan

Guru Onlineku-Setiap makhluk hidup berkembangbiak dengan cara masing-masing. Salah satunya adalah tumbuhan. Tumbuhan tidak hanya tumbuh dan bertahan hidup namun juga berkembangbiak. Ada du acara perkembangbiakan tumbuhan yaitu secara generatif dan vegetatif.

        Perkembangbiakan generatif (secara kawin) adalah perkembangbiakan yang terjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Alat perkembangbiakannya adalah bunga Bunga terdiri dari tangkai bunga, dasar bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, tangkai putik, kepala sari, dan kepala putik.

        Penyerbukan terjadi pada saat serbuk sari yang berada di dalam benang sari jatuh ke kepala putik. Serbuk sari adalah sel kelamin jantan dan kepala putih merupakan sel kelamin betina. Tidak semua tumbuhan memiliki benang sari dan putik dalam satu bunga. Bunga yang memiliki keduanya disebut dengan bunga sempurna.

        Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari akan tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Serbuk sari tersebut akan masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam bakal biji terjadi pembuahan. Serbuk sari akan melebur Bersama dengan kepala putik. Hasil dari pembuahan adalah zigot. Zigot akan berkembang menjadi buah yang didalamnya terdapat biji. Di dalam biji terdapat calon tumbuhan baru yang sejenis.

        Penyerbukan (proses bertemunya serbuk sari dan putik) dapat terjadi dengan lima jenis, sebagai berikut:

1. Kleistogami. Penyerbukan sendiri tanpa bantuan atau perantara

2. Anenogami. Penyerbukan melalui bantuan angin,. Contohnya adalah jagung, padi, dan rerumputan.

3. Zoidiogami. Penyerbukan melalui perantara hewan. Contohnya adalah bunga aster. Hewan yang membantu penyerbukan adalah kelelawar, burung dan golongan serangga.

4. Hidrogami. Penyerbukan melalui perantara air dan terjadi pada tumbuhan yang hidup di air. Contohnya tumbuhan Teratai dan enceng gondok. Penyerbukan terjadi pada saat tanaman terendam dalam air.

5. Antropogami. Penyerbukan melalui perantara manusia. Contohnya adalah bunga vanili dan beberapa jenis anggrek. Penyerbukan dilakukan karena bunga tidak dapat melalukan penyebukan sendiri dan bermaksud untuk mendapatkan jenis bibit yang baru.

        Berdasarkan alat serbuk sari, penyerbukan dapat dibedakan menjadi empat jenis, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan silang, penyerbukan tetangga dan penyerbukan bastar.

1.   Penyerbukan sendiri

      Serbuk sari dan putik berasal dari bunga yang sama

2. Penyerbuka silang

    Serbuk sari berasal dari tumbuhan lain yang sejenis

3. Penyerbukan tetangga

    Serbuk sari berasal dari bunga lain, tetapi masih sepohon

4. Penyerbukan bastar

    Serbuk sari berasal dari tumbuhan lain yang berbeda jenis

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url