Kewajiban setiap warga negara untuk menghemat energi

Guru Onlineku - Manusia selalu membutuhkan sumber energi untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Kebutuhan sumber energi kadang tidak seimbang dengan penggunaannya, bahkan ada yang menyalahgunakan sumber energi tersebut. Kurangnya pengetahuan atau informasi cara menghemat energi tersebutlah yang menjadi factor utama pemborosan energi di tanah air ini. Hemat energi harus dimulai dari diri sendiri. Dengan melakukan penghematan energi berarti sudah meminimalisasi pemborosan energi serta biaya.

Lampu Led Hemat Energi

        Beberapa cara menghemat energi yang dapat kita lakukan setiap hari, antara lain sebagai berikut.

1.       Beralih Menggunakan Lampu yang Hemat Energi

        Gantilah lampu dengan lampu yang hemat energi. Sekarang took-toko sudah tersedia lampu hemat energi. Pemakaian lampu hemat energi dapat menghemat energi listrik.

2.       Matikan Lampu yang Tidak diperluhkan

        Pencahayaan lampu memiliki peran hanya 11 % dari tagihan listri rumah, sehingga dengan mematikan lampu kamu dapat menghemat listrik serta dapat memperpanjang usia lampu. Untuk lebih maksimal matikan lampu saat siang hari. Manfaatkanlah sumber pencahayaan alami, yaitu menggunakan cahaya sinar matahari

3.       Sering Menggunakan Laptop daripada Komputer

        Penggunaan laptop hanya 15 sampai 25 watt listrik, apabila dimodus tidur, dayanya juga kecil, sedangkan computer dapat menghabiskan 150 watt yang berkategori cukup besar.

4.       Tidak Menggunakan Komputer di Malam Hari

       Komputer memiliki daya yang sangat besar, sehingga tidak menggunakan computer pada malam hari mampu menghemat energi dan dapat memperpanjang masa usia komputer serta mengurangi keausan pada perangkat keras computer.

5.       Berhemat dalam Berbelanja dan Transportasi

       Saat membeli kebutuhan sehari-hari di pasar maupun di took lebih baik menggunakan tas belanja sendiri daripada menggunakan kantong plastic yang tidak dapat terurai. Begitu juga saat pergi ke tempat belanja tersebut sebaiknya tidak menggunakan kendaraan bermotor. Gunakan alat transportasi umum bahkan berjalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh. Selain sehat juga dapat menghemat energi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url