Kewajiban Menghemat Energi

Guru Onlineku - Energi merupakan kebutuhan dasar hidup manusia dan memegang peranan cukup penting dalam menggerakkan roda perekonomian suatu bangsa. Aktivitas manusia yang makin berkembang dari masa ke masa jelas mengancam akan habisnya sumber energi seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara. Oleh karena itu, sudah seharusnya warga masyarakat melaksanakan kewajiban menghemat energi demi pemerolehan haknya memanfaatkan energi.

        Hemat energi merupakan suatu cara atau tindakan menghemat energi yang tidak berguna. Berdasarkan pengertian tersebut, hemat energi dapat kamu lakukan dalam berbagai bentuk sebagai berikut.

1.       Hemat air dengan cara mematikan keran selesai memakai, mandi dengan pancuran (tidak berendam), dan mencuci sepeda dengn lap dan ember.

2.       Hemat listrik dengan mematikan lampu saat tidak dipakai, menutup pintu dan jendela saat menyalakan AC, dan mematikan computer saat tidak digunakan

3.       Hemat menggunakan bahan bakar dengan cara ke sekolah dengan berjalan kaki, berseepeda, atau naik kendaraan umum

4.       Hemat menggunakan kertas dengan cara memanfaatkan ruang kosong pada kertas untuk menulis, menggunakan kertas bekas untuk bahan kerajinan, dan menggunakan kertas saat perlu saja.

        Dengan hemat energi kita telah menghemat biaya dan menjadikan bumi Indonesia lebih ramah lingkungan. Menghemat energi juga dapat menyelamatkan bumi Indonesia dari pemanasan global.

        Kita sebagai warga negara Indonesia mempunyai kewajiban ikut serta dalam menghemat energi. Ikut serta menghemat energi dapat kita lakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Keikutsertaan kita secara langsung dalam menghemat energi dapat kita lakukan dengan membiasakan menghemat penggunaan listrik dan bahan bakar. Adapun keikutsertaan kita secara tidak langsung dapat kita lakukan dengan mengajak segenap bangsa Indonesia ikut serta dalam Gerakan hemat energi. Salah satunya melalui poster.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url