Hak dan Kewajiban terhadap Bahan Bakar Hasil Tambang

Guru Onlineku - Minyak bumi merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi.

Pertambangan Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun. Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah mengimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.

Setiap warga negara Indonesia berhak memanfaatkan bahan bakar untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Bahan bakar minyak merupakan salah satu sumber energi dan kekayaan alam yang terkandung dalam bumi Indonesia yang tak ternilai harganya.

Penggunaan bahan bakar minyak yang berlebihan bisa mengakibatkan kelangkaan. Jika bahan bakar langka, maka banyak kendaraan tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, kita harus menghemat penggunaan bahan bakar minyak. Cara menghemat bahan bakar minyak, antara lain sebagai berikut :

1.      Mengurangi penggunaan Kendaraan bermotor

2.      Berjalan kaki atau menggunakan sepeda jika berpergian dalam jarak dekat.

3.      Memanfaatkan fasilitas kendaraan umum untuk melakukan perjalanan

4.      Menyalakan AC seperluhnya

5.      Menggunakan bahan bakar alternatif.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url