Pemanfaatan Sumber Daya Alam sebagai Kegiatan Ekonomi

Guru Onlineku - Manusia melakukan berbagai jenis usaha dalam memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam ada yang dapat dimanfaatkan atau dikomunikasi secara langsung. Namun, terdapat pula sumber alam yang harus diolah terlebih dahulu. Perlu dilakukan usaha pengolahan atau produksi, seperti usaha mengolah sawah dan kebun, usaha kerajinan serta industry. Selain itu, agar sumber daya alam dan hasil pengolahannya dapat tersebar di berbagai tempat dilakukan upaya distribusi. Beberapa kegiatan ekonomi yang memankfaatkan sumber daya alam, antara lain sebagai berikut :


1.       Pertanian

Indonesia merupakan negara agraris, karena masyarakat Indonesia mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Kegiatan di bidang pertanian berguna memenuhi kebutuhan manusia yang berupa pangan. Bahan pangan yang dihasilkan masyarakat di Indonesia antara lain pagi, jagung, palawija, dan sayur-sayuran.

2.       Kehutanan

Luas hutan di Indonesia mencapai lebih 14 % dari luas wilayah daratan. Sebagian besar hutan berupa hutan tropis. Hutan tropis memiliki banyak manfaat beragam jenis tanaman. Manfaat yang diperoleh dari hasil hutan, antara lain kayu, rotan, pinus, dan damar. Hasil hutan tersebut dapat diolah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya. Misalnya, kebutuhan perumahan, perabot rumah tangga, keprluan industry, barang kerajinan dan sebagainya.


3.       Perkebunan

Masyarakat Indonesia memanfaatkan lahan yang kosong untuk melakukan kegiatan di bidang perkebunan. Mereka memanfaatkannya untuk menanam kopi, the, kelapa sawit, tebu, karet, kopra, dan lain-lain. Hasil perkebunan tersebut dapat mereka jual kepada industry untuk diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi masyarakat.

4.       Peternakan

Masyarakat Indonesia juga benyak yang berwiraswasta di bidang peternakan. Usaha tersebut memberikan peranan penting dalam peningkatan kesejahteraan rakyat. Hewan ternak yang diusahakan oleh peternak, antara lain sapi, kerbau, kambing, ayam dan burung. Hasil ternak dari yang mereka usahakan tersebut adalah daging, susu, telur, kulit, dan sebagainya. Hasil ternak tersebut dapat mereka konsumsi sendiri maupun dijual untuk mendapatkan penghasilan.

5.       Perikanan

Sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan. Perairan tersebut meliputi perairan darat dan perairan laut. Kegiatan perikanan yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidup meliputi perikanan darat dan perikanan laut.

6.       Pertambangan

Pertambangan merupakan kegiatan ekonomi di Indonesia yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Kegiatan pertambangan dapat dilakukan dengan peralatan sederhana, seperti pertambangan minyak bumi, batu bara, bijih besi, dan emas. Barang-barang industry, transportasi, dan sebagainya.

7.       Perindustrian

Industri merupakan kegiatan mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi. Bahan mentah tersebut diperoleh dari alam, sehingga kegiatan perindustrian membutuhkan sumber daya alam untuk menghasilkan barang jadi. Indonesia memiliki banyak industry yang berkembang di berbagai daerah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url